GEJALA CULTURE JAMMING DALAM POLITIK (BENTUK MEME PADA COVER MAJALAH TIME EDISI JOKOWI DAN JOKOWI SEBAGAI OBJEK IKLAN TOKOBAGUS.COM)

SUGITA, FIEVIELIA (2016) GEJALA CULTURE JAMMING DALAM POLITIK (BENTUK MEME PADA COVER MAJALAH TIME EDISI JOKOWI DAN JOKOWI SEBAGAI OBJEK IKLAN TOKOBAGUS.COM). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai gejala culture jamming dalam satu tahun politik pemerintahan Jokowi melalui bentuk meme. Gejala ini merupakan hasil fenomena dari gerakan post-modernis yang ditandai dengan adanya dorongan kritik sosial dan perlawanan terhadap semua hal berbau modernisme dalam bentuk meme, media hoaxing, hacking, dan Adbusters. Gerakan culture jamming mirip dengan konsep gangguan pada model komunikasi Shannon dan Weaver. Gerakan ini berusaha mengganggu kecermatan isi pesan politik dengan mengubah pola pikir seseorang dengan cara merekonstruksi ulang simbol dan makna yang diproduksi massal oleh kelompok dominan. Sebagai akibatnya sasaran/tujuan pesan menerima makna lain yang memiliki nilai budaya, politik, dan sosial baru. Meme dipilih karena merupakan unit dasar culture jamming yang sering digunakan sebagai medium kritik berbentuk gambar/foto/video/teks bersifat humor, sindiran atau sarkasme. Hasil penelitian ini menunjukkan dua bentuk meme fenomenal selama satu tahun kinerja pemerintahan Jokowi yang disebar luaskan melalui internet. Meme pertama merekonstruksi ulang makna Jokowi pada cover majalah TIME edisi Oktober 2014. Sedangkan meme kedua merekonstruksi sosok Jokowi sebagai contoh iklan di Tokobagus.com. Kedua meme tersebut efektif sebagai medium kritik politik baru karena mudah dipahami masyarakat terhadap konten pesannya yang humoris/lucu serta dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat secara bebas dan cepat melalui media baru tersebut. Kata Kunci : Culture Jamming, Gangguan (Noise), Internet, Kritik Politik, Meme, Post-modern, Teknologi Komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:31
Last Modified: 17 Feb 2022 06:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33978

Actions (login required)

View Item View Item