POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR UNTUK MEMPRAKTEKAN BUDAYA HUMANIS PADA SISWA DI TZU CHI SCHOOL

ANGELIA, ANGELIA (2016) POLA KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR UNTUK MEMPRAKTEKAN BUDAYA HUMANIS PADA SISWA DI TZU CHI SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi yang berlangsung antara guru dan siswanya di lingkungan sekolah akan membentuk pola-pola komunikasi yang memiliki ciri khas dengan unsur-unsur tertentu dan merupakan proses interaksi menciptakan struktur sistem. Melalui pola komunikasi yang dirancang dengan baik dan dipersiapkan dengan matang dengan bantuan saluran tertentu diharapkan para guru mampu mengajak bahkan mengubah perilaku siswanya untuk dapat bekerja sama mengikuti aturan yang ada demi mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, dalam hal memberi pengertian serta pemahaman mengenai kebudayaan kepada siswanya, seorang guru harus memiliki keterampilan khusus serta kecakapan berkomunikasi secara baik terarah dan efektif. Adapun teori yang digunakan yaitu Komunikasi, Komunikasi Pendidikan, Pola Komunikasi, dan Budaya Humanis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi di Tzu Chi School adalah pola komunikasi kedua yaitu adanya interaksi dua arah antara guru dengan siswa dan adanya umpan balik dari yang di dapat. Dengan adanya budaya humanis, pola komunikasi antara guru dengan murid dapat lebih mempermudah para guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar sebab para siswa dididik untuk menghormati guru dan sesamanya dengan sopan dan menghasilakan perilaku yang berbudi pekerti luhur Kata Kunci: Komunikasi Pendidikan, Pola Komunikasi, Budaya Humanis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Feb 2022 04:26
Last Modified: 17 Feb 2022 05:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33993

Actions (login required)

View Item View Item