PENGARUH ADVERTISING AWARENESS DI SOCIAL MEDIA TERHADAP BRAND EQUITY TRAVELOKA

SATRIA, MUHAMMAD (2022) PENGARUH ADVERTISING AWARENESS DI SOCIAL MEDIA TERHADAP BRAND EQUITY TRAVELOKA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi kian pesat dewasa ini, ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang kian meningkat tiap tahunnya, hal tersebut menunjukkan bahwasannya terdapat pangsa pasar yang potensial terhadap online travel agent. Traveloka yang resmi diluncurkan ditahun 2012 merupakan salah satu pionir online travel agent di Indonesia, dengan adanya pangsa potensial tersebut menyebabkan kian berkembangnya bidang online travel agent yang mengakibatkan persaingan dalam mendapatkan pandangan masyarakat, dengan adanya persaingan ini online travel agent melakukan aktivitas advertising yang menyesuaikan perkembangan yang ada dengan social media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising awareness di social media Traveloka dalam menciptakan brand equity dengan brand awareness dan brand image sebagai variabel intervening konsumen Traveloka Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner sejumlah 200 responden konsumen Traveloka yang pernah melihat iklan Traveloka pada social media ial. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan model persamaan struktural (SEM) dengan menggunakan software AMOS24. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan advertising awareness Traveloka memiliki pengaruh positif pada brand awareness Traveloka, advertising awareness Traveloka memiliki pengaruh positif pada brand image Traveloka. Hasil penelitian dapat diimplementasikan sebagai berikut, Pertama, Traveloka perlu lebih meningkatkan intensitas iklan pada social media. Kedua, Traveloka perlu meningkatkan dan menunjukkan kualitas pelayanan jasa yang memberikan kesan terhadap konsumen. Ketiga, Traveloka perlu memperbanyak iklan dengan meyakinkan konsumen bahwa Traveloka merupakan brand terbaik yang mengunggulkan kompleksitas dalam pengalaman memberikan pelayanan jasa, mitra kerja sama dengan hotel ataupun maskapai terbanyak, dan mitra perjalanan terpercaya kepada masyarakat Indonesia. Keempat, Traveloka perlu mengembangkan inovasi yang menjadi keunikannya contoh dalam pemilihan pembayaran yang opsionalnya lebih banyak secara fintech dari online travel agent lain. Kata Kunci: Advertising Awareness, Brand Awareness, Brand Image, Brand Equity, Traveloka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:45
Last Modified: 18 Feb 2022 05:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34009

Actions (login required)

View Item View Item