Analisis Yuridis Kewenangan Diskresi Dan Pertanggung Jawaban Hukum Dalam Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepolisian (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Jayapura Selatan)

Sitinjak, Neovaldo (2021) Analisis Yuridis Kewenangan Diskresi Dan Pertanggung Jawaban Hukum Dalam Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Kepolisian (Studi Kasus Di Kepolisian Sektor Jayapura Selatan). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
SIAP UJI NEOVALDO SITINJAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
TANDA PENGESAHAN TESIS A.N NEOVALDO SITINJAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)

Abstract

Diskresi adalah sebuah wewenang yang diberikan hukum kepada aparat penegak hukum, khususnya Kepolisian untuk bertindak dalam situasi khusus sesuai dengan penilaian dan kata hati instansi atau petugas sendiri. Masalah yang diangkat adalahBagaimanakah Pelaksanaan Dan Kewenangan Dalam Mengambil Keputusan Diskresi Terhadap Tindak Pidana Ringan Di Wilayah Hukum Kepolisian Sektor Jayapura Selatan, Bagaimanakah Pertanggung Jawaban Hukum Dalam Megambil Keputusan Diskresi Terhadap Tindak Pidana Ringan Di Wilayah Hukum Kepolisian Sektor Jayapura Selatan. Di dalam penulisan Tesis ini penulis gunakan tipe penelitian Yuridis Empiris, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah Socio-Legal Research. Pengambilan keputusan Diskresi yang telah di tangani oleh Kepolisian Sektor Jayapura Selatan terhadap perkara tindak pidana pencurian ringan dan di selesaikan pula dengan cara Restorative Justice maka pihak Kepolisian Sektor Jayapura Selatan melalui Bhabinkamtibmas mengambil keputusan Diskresi dan melakukan mediasi dengan memanggil kedua belah pihak pelapor maupun terlapor. Sebagai bagian dari proses penyelenggara negara, Kepolisian Sektor Jayapura Selatan pun terikat kepada aturan-aturan Hukum dan prosedur-prosedur tertentu, serta dikontrol dan bertanggung jawab kepada hukum. begitu pula dengan keputusan Diskresi yang di ambil, Keputusan dari Diskresi itu sendiri sangat tergantung pada masalah yang dihadapi juga situasi dan kondisi yang ada di lapangan yang dialami oleh Kepolisian Sektor Jayapura Selatan tersebut. Sekalipun Diskresi Kepolisian bersifat situasional dan subejktif, namun Diskresi juga terdapat dasar hukumnya untuk dapat dipertanggungjawabkan, sehingga bukan terkesan asal-asalan saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn
Uncontrolled Keywords: Analisis Yuridis, Kewenangan, Diskresi, Pertanggung Jawaban Hukum, Tugas Dan Fungsi Kepolisian
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Feb 2022 06:55
Last Modified: 21 Feb 2022 07:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34028

Actions (login required)

View Item View Item