Akibat Hukum Terhadap Pelaku Usaha Yang Melakukan Pengoplosan Air Minum Dalam Kemasan Yang Mengakibatkan Kerugian Bagi Konsumen Ditinjau UU Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Dan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ( Kasus Pengoplosan Air Minum Dalam Kemasan Tahun 2017 )

Margareth, Hanna (2021) Akibat Hukum Terhadap Pelaku Usaha Yang Melakukan Pengoplosan Air Minum Dalam Kemasan Yang Mengakibatkan Kerugian Bagi Konsumen Ditinjau UU Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktik Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat Dan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ( Kasus Pengoplosan Air Minum Dalam Kemasan Tahun 2017 ). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
cover .pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (111kB)

Abstract

Air adalah komponen tubuh terbesar dan menjaga fungsi berbagai organ manusia. Kecukupan cairan tubuh menjadi sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan . Namun, ketika produsen curang melakukan pengoplosan air minum yang air minum tersebut dikonsumsi oleh konsumen, maka akan ada akibat hukum bagi pelaku usaha yang melakukan pengoplosan dan tanggung jawab bagi pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian karena mengkonsumsi air tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian hukum normatif , dengan pendekatan yaitu : pendekatan perundang – undangan , dan pendekatan kasus pengoplosan air minum dalam kemasan . Pelaku usaha curang melanggar Undang – Undang pasal 62 ayat 1 dan pasal 8 ayat 1 dan UU Nomor 5 Tahun 1999 pasal 19 huruf b serta bertanggung jawab untuk melakukan penggantian kerugian untuk konsumen yang mengkonsumsi air tersebut. Kesimpulan, produsen pelaku usaha air minum oplosan ini mengakibatkan kerugian bukan hanya merugikan kesehatan konsumen tetapi merugikan keuangan konsumen serta merugikan pelaku usaha asli. Produsen wajib melakukan ganti rugi kepada pihak yang telah dirugikan yaitu konsumen yang dirugikan dan produsen asli. Saran penulis , sebaiknya konsumen lebih berhati- hati agar saat membeli suatu produk karena akan merugikan konsumen jika produk tersebut tidak sesuai . Bagi pemerintah harus memberikan sanksi hukum bagi produsen curang dengan ditingkatkan lagi hukumannya agar permasalahan air minum dapat diatasi secara benar dan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Jeane Neltje Saly, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Pengoplosan Air Minum, Perlindungan Hukum Konsumen, Kerugian
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:09
Last Modified: 21 Feb 2022 08:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34042

Actions (login required)

View Item View Item