Penyelesaian Hukum Bagi Klien Yang Membatalkan Perjanjian Dengan Vendor Pernikahan Sebagai Akibat Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Kepastian Hukum

Subur, Jonatan Clements Anugerah (2021) Penyelesaian Hukum Bagi Klien Yang Membatalkan Perjanjian Dengan Vendor Pernikahan Sebagai Akibat Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Kepastian Hukum. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Jonatan Clements Anugerah Subur_217192018.pdf

Download (575kB)
[img] Text
Bab isi_Jonatan Clements Anugerah Subur_217192018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Jonatan Clements Anugerah Subur_217192018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text
Lampiran_Jonatan Clements Anugerah Subur_217192018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian yang diangkat oleh penulis adalah bermula dengan adanya pembatalan perjanjian berhubungan dengan pengadaan acara pesta pernikahan yang dilakukan oleh pihak klien akibat pandemi Covid-19, yang mana klien menganggap hal tersebut sebagai suatu force majeure. Sedangkan pihak Vendor Pernikahan menyatakan bahwa dirinya tidak dapat mengembalikan uang muka yang sudah masuk , dengan alasan force majeure yang bersifat relatif. Adapun rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana penyelesaian hukum bagi klien yang membatalkan perjanjian dengan vendor pernikahan sebagai akibat pandemi Covid-19 dalam perspektif kepastian hukum? Dan apakah situasi pandemi Covid-19 tersebut bisa digolongkan sebagai suatu kejadian yang bersifat force majeure? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif untuk menganalisis pasal-pasal yang terdapat pada kontrak antara klien dan vendor pernikahan tersebut, untuk selanjutnya dikaitkan dengan teori dan asas-asas hukum yang berlaku. Adapun jawaban dari permasalahan tersebut adalah penyelesaian hukum antara kedua belah pihak tersebut ditempuh secara musyawarah mufakat. Selain itu situasi pandemi Covid-19 tersebut bisa digolongkan sebagai suatu kejadian yang bersifat force majeure yang sifatnya relatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: (Dr. Stanislaus Atalim, S.H., M.H.)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Hukum, Perjanjian, Force Majeure
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:34
Last Modified: 06 Nov 2023 09:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item