Kepastian Hukum Atas Suatu Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia Yang Telah Dinyatakan Dirampas Oleh Negara Berdasarkan Putusan Pengadilan (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor 476/Pdt/2020/Pt.Bdg Tanggal 30 September 2020)

Sari, Aneta Indriya (2021) Kepastian Hukum Atas Suatu Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia Yang Telah Dinyatakan Dirampas Oleh Negara Berdasarkan Putusan Pengadilan (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor 476/Pdt/2020/Pt.Bdg Tanggal 30 September 2020). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Aneta Indriya Sari_217192005.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAb isi_Aneta Indriya Sari_217192005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Aneta Indriya Sari_217192005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
Lampiran_Aneta Indriya Sari_217192005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dilatarbelakangi oleh adanya perampasan objek jaminan fidusia oleh negara sebagai akibat dari tindak pidana yang telah dilakukan debitur selaku pemberi fidusia, sehingga merugikan kreditur sebagai penerima fidusia, maka dibuatlah oleh penulis tesis yang berjudul: “Kepastian Hukum Atas Suatu Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia Yang Telah Dinyatakan Dirampas Oleh Negara Berdasarkan Putusan Pengadilan” (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Bandung Nomor 476/Pdt/2020/Pt. Bdg Tanggal 30 September 2020), yang bertujuan untuk meneliti apakah status kepemilikan objek jaminan fidusia akan menjadi hilang dengan telah dinyatakannya “dirampas oleh negara” berdasarkan suatu putusan pengadilan, serta menganalisis bagaimana kepastian hukumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis yang bersumber dari beberapa bahan hukum khususnya primer dan sekunder maupun tersier untuk melakukan suatu analisis melalui berbagai peraturan perundang-undangan serta suatu putusan pengadilan, dimana telah terjadi kekosongan norma yang disebabkan karena belum adanya suatu peraturan mengenai objek jaminan fidusia yang dirampas negara serta akibat hukum dari perampasan benda tersebut. Sudah sepatutnyalah objek jaminan fidusia yang merupakan suatu objek jaminan yang sah, yang telah disita, dikembalikan kepada pemiliknya yang sah yang dalam hal ini adalah Kreditur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Gunawan Djajaputra, S.H., S.S., M.H.
Uncontrolled Keywords: Jaminan Fidusia, Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia, Perampasan Negara
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:45
Last Modified: 13 Nov 2023 08:44
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34061

Actions (login required)

View Item View Item