Tanggung Jawab Direksi Atas Kelalaiannya Dalam Pengurusan Perseroan Terbatas (Studi Kasus Putusan Nomor: 51/Pdt.G/2019/PN. Jkt. Pst)

Mawarni, Pingky (2021) Tanggung Jawab Direksi Atas Kelalaiannya Dalam Pengurusan Perseroan Terbatas (Studi Kasus Putusan Nomor: 51/Pdt.G/2019/PN. Jkt. Pst). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Pingky Mawarni_217209101.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Bab isi_Pingky Mawarni_217209101.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Pingky Mawarni_217209101.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
Lampiran_Pingky Mawarni_217209101.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perseroan terbatas, yang selanjutnya disebut perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam undang-undang ini serta peraturan pelaksanaannya (Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas). Sebagai salah satu pilar utama dalam perseroan, tanpa adanya Direksi suatu PT tidak akan dapat menjalankan kegiatannya, dapat diketahui bahwa perseroan dianggap sekan-akan sebagai subjek hukum, di mana perseroan tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya bantuan anggota Direksi sebagai manusia pribadi yang bertindak mewakili PT. Tanpa adanya Direksi dan Komisaris, PT tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai sebuah institusi/badan yang melakukan aktivitas usaha untuk mencari keuntungan ekonomis. Di dalam UUPT terdapat ketentuan mengenai tanggung jawab direksi atas pengurusan perseroan. Pasal 92 ayat (1) UUPT. Dengan tugas dan wewenang tersebut, maka seluruh pengelolaan perusahaan dilakukan sendiri oleh Direksi. Dalam penulisan tesis ini penulis akan menganalisis mengenai Putusan Nomor: 51/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst. dimana terlihat adanya kelalaian yang dilakukan oleh Direktur PT.Grakomindo. Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis merasa tertarik untuk menganalisis lebih lanjut hal tersebut dengan judul penulisan yaitu: Tanggung Jawab Direksi Atas Kelalaiannya Dalam Pengurusan Perseroan Terbatas (Studi Kasus Putusan Nomor: 51/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst). Rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana tanggung jawab direksi atas kelalaiannya dalam pengurusan PT berdasarkan UUPT? Bagaimana pertimbangan majelis hakim dalam menerapkan putusan nomor: 51/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Pst terkait tanggung jawab direksi atas kelalaiannya yang menimbulkan kerugian bagi perusahaan? Teori yang akan digunakan yaitu Stakeholder Theory dan Teori Tanggung Jawab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian yuridis normatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Assoc. Prof. Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Direksi Lalai, Pengurusan PT.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:17
Last Modified: 14 Nov 2023 02:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34066

Actions (login required)

View Item View Item