Perlindungan Hukum Anak Di Bawah Umur Dalam Mengakses Informasi Dan Transaksi Elektronik Berdasarkan Uu Ite Dan Uu Perlindungan Anak

Wowor, Andre (2021) Perlindungan Hukum Anak Di Bawah Umur Dalam Mengakses Informasi Dan Transaksi Elektronik Berdasarkan Uu Ite Dan Uu Perlindungan Anak. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Andre Wowor_217192009.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Bab isi_Andre Wowor_217192009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Andre Wowor_217192009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Lampiran_Andre Wowor_217192009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada tesis ini penulis mengangkat permasalahan mengenai perlindungan anak di bawah umur dalam mengakses informasi dan transaksi elektronik berdasarkan UU ITE dan UU Perlindungan Anak. Penelitian difokuskan pada kekosongan hukum yang ada dalam UU ITE dan UU Perlindungan Anak yang menyebabkan semua orang dapat mengakses informasi dan transaksi elektronik secara bebas, bahkan anak sekalipun, sehingga tidak ada pembatasan usia minimum untuk mengakses internet. Adapun masalah perlindungan anak di bawah umur dalam mengakses informasi dan transaksi elektronik berdasarkan UU ITE dan UU Perlindungan Anak? Penulis menggunakan metode penelitian hukum normatif untuk mencoba menganalisis ketentuan UU tentang isu hukum yang sedang dikaji untuk selanjutnya ditemukan jalan penyelesaiannya dihubungkan dengan asas hukum yang berlaku. Adapun jawaban dari permasalahan tersebut adalah memang belum ada aturan hukum yang secara spesifik menyebutkan batasan umur seorang anak dalam mengakses informasi dan transaksi elektronik, sehingga menurut penulis hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi seluruh stakeholder, sehingga dibutuhkan langkah perlindungan hukum preventif yang wajib dilakukan oleh pemerintah, penyedia jasa platform, serta masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. S. Atalim,S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Anak, Informasi dan Transaksi Elektronik
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:33
Last Modified: 14 Nov 2023 02:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34069

Actions (login required)

View Item View Item