Perlindungan Hukum Bagi Pihak Pembeli Dan Kreditur Atas Pemblokiran Sertipikat Hak Milik Dalam Pelaksanaan Pengikatan Perjanjian Jual Beli Tanah.

Prihadiansyah, Alit Nurfatah (2021) Perlindungan Hukum Bagi Pihak Pembeli Dan Kreditur Atas Pemblokiran Sertipikat Hak Milik Dalam Pelaksanaan Pengikatan Perjanjian Jual Beli Tanah. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN TESIS.pdf

Download (34kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf

Download (43kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (155kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Pengikatan jual beli tanah dengan status Sertipikat Hak Milik merupakan perbuatan hukum awal yang mendahului perbuatan hukum jual beli tanah. Akta pengikatan jual beli tanah dalam prakteknya sering dibuat dalam bentuk akta otentik yang dibuat di hadapan Notaris, sehingga Akta Pengikatan Jual Beli merupakan akta otentik yang memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna. Berdasarkan uraian tersebut, ditentukan 3 (tiga) rumusan masalahnya, yaitu: (1) bagaimana prosedur pemblokiran sertipikat oleh pihak penjual dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah apabila penjual melakukan perbuatan melawan hukum (2) bagaimana kepastian hukum pemblokiran sertipikat oleh pihak penjual dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah yang dilakukan oleh penjual dan (3) bagaimana perlindungan hukum terhadap pembeli yang beritikad baik atas pemblokirab sertipikat hak milik dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Pengikatan jual beli tanah dengan status Sertipikat Hak Milik merupakan perbuatan hukum awal yang mendahului perbuatan hukum jual beli tanah. Akta pengikatan jual beli tanah dalam prakteknya sering dibuat dalam bentuk akta otentik yang dibuat di hadapan Notaris, sehingga Akta Pengikatan Jual Beli merupakan akta otentik yang memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna. Berdasarkan uraian tersebut, ditentukan 3 (tiga) rumusan masalahnya, yaitu: (1) bagaimana prosedur pemblokiran sertipikat oleh pihak penjual dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah apabila penjual melakukan perbuatan melawan hukum (2) bagaimana kepastian hukum pemblokiran sertipikat oleh pihak penjual dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah yang dilakukan oleh penjual dan (3) bagaimana perlindungan hukum terhadap pembeli yang beritikad baik atas pemblokirab sertipikat hak milik dalam pelaksanaan perjanjian pengikatan jual beli tanah.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:08
Last Modified: 24 Feb 2022 06:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34077

Actions (login required)

View Item View Item