Analisis Perlindungan Hukum Merek Terkenal yang Belum Terdaftar di Indonesia (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 790K/Pdt.Sus-HKI/2020)

Margaretta, Vanesha (2021) Analisis Perlindungan Hukum Merek Terkenal yang Belum Terdaftar di Indonesia (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 790K/Pdt.Sus-HKI/2020). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_VANESHA MARGARETTA_205170079.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I-V_VANESHA MARGARETTA_205170079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
[img] Text
Lampiran_VANESHA MARGARETTA_205170079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perlindungan hukum pada TRIPS dan konvensi internasional pada dasarnya adalah untuk melindungi keberadaan merek-merek terkenal. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana perlindungan hukum merek terkenal yang belum terdaftar di Indonesia dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 790K/Pdt.Sus-HKI/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum merek terkenal yang belum terdaftar di Indonesia dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor 790K/Pdt.Sus-HKI/2020 adalah tidak dapat dilindungi oleh hukum sehingga siapapun dapat mendaftarkan merek terkenal asing tersebut tanpa izin. Apabila merek tersebut didaftarkan dengan itikad tidak baik, maka pemilik merek dapat menggugat tanpa batas waktu. Pengaturan ini sangat bertentangan dengan apa yang diharapkan di dalam Paris Convention for the Protection of Industrial Property (Paris Convention) dan juga dalam the Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPS Agreement), yang seharusnya dapat melindungi setiap merek yang ada di Indonesia dan dunia. Ketentuan untuk melindungi merek terkenal seharusnya dapat berlaku bagi seluruh negara anggota Konvensi Paris dan penanda tangan TRIPS Agreement (the World Trade Organization’s TRIPS Agreement), sehingga setiap negara anggota WIPO dan WTO, termasuk Indonesia harus wajib tunduk kepada kedua treaty tersebut. Perlindungan terhadap hak merek terkenal sebaiknya semakin ditingkatkan, karena terdapat nilai ekonomi dan komersil didalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Christine S.T. Kansil, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Merek Terkenal
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Feb 2022 23:50
Last Modified: 28 Feb 2022 23:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item View Item