PERAN INTERAKSI SIMBOLIK PENGGUNA APILKASI SHOPEE : STUDI KASUS SHOPEE COD

NG, CALVIN (2022) PERAN INTERAKSI SIMBOLIK PENGGUNA APILKASI SHOPEE : STUDI KASUS SHOPEE COD. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran interaksi simbolik di dalam sebuah proses berbelanja daring atau online, di dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada e-commerce Shopee. Peran interaksi simbolik yang ingin diteliti pada penelitian ini adalah bagaimana peran fitur COD (Cash On Delivery) atau yang biasa disebut sebagai pembayaran di tempat dari Shopee Indonesia. Teori komunikasi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simbolik dikarenakan teori ini membahas mengenai pola pikir seorang individu dan interaksinya dengan lingkungan sosial. Kaitan antara teori interaksi simbolik dan penelitian ini adalah bagaimana teori interaksi simbolik menjelaskan peran fitur Shopee COD pada pengguna aplikasi Shopee. Metodologi yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif dilakukan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai lingkungan sosial yang ada di masyarakat, Metodologi kualitatif dapat mendeskripsikan bagaimana realitas sosial yang ada dengan pemahaman teori yang ada. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah studi kasus. Studi kasus adalah mempelajari secara mendalam, dan terperinci bagaimana realitas sosial yang ada di masyarakat sesuai dengan topik dari penelitian ini. Peneliti juga ikut terlibat secara langsung dalam studi kasus Penelitian ini yang menjadi subjek adalah para pengguna aplikasi Shopee dengan kriteria khusus yaitu pengguna fitur Shopee COD. Pengguna fitur Shopee COD yang menjadi narasumber merupakan orang orang acak yang mau melakukan wawancara mengenai penelitian. Para subjek yang melakukan wawancara terpilih karena mempunyai pengetahuan mengenai penggunaan fitur Shopee COD di dalam lingkup sosial atau masyarakat. Setelah data didapatkan dari narasumber, data akan diuji kebenarannya dan kaitannya dengan teori komunikasi yang sudah dipilih. Menguji kebenaran atau validasi data dan kaitannya dengan teori komunikasi dengan cara melakukan analisis mendalam. Setelah melakukan analisis mendalam data baru siap untuk disajikan Hasil dari analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah adanya peran interaksi simbolik dalam penggunaan fitur Shopee COD dalam hal pengambilan keputusan konsumen, ciri khas dari fitur tesebut dan juga bagaimana sebuah lingkungan sosial bisa terbentuk melalui adanya interaksi simbolik. Kata Kunci: Shopee COD, Interaksi Simbolik, Studi kasus,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:41
Last Modified: 01 Mar 2022 04:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34102

Actions (login required)

View Item View Item