INTERAKSI SIMBOLIK DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TELEMEDICINE DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS MAHASISWI/A FIKOM UNTAR DALAM MEMANFAATKAN APLIKASI HALODOC)

ARIFAH, FAZRIYA (2022) INTERAKSI SIMBOLIK DALAM PENGGUNAAN APLIKASI TELEMEDICINE DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS MAHASISWI/A FIKOM UNTAR DALAM MEMANFAATKAN APLIKASI HALODOC). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini hampir seluruh dunia sedang menghadapi pandemi. Dampak dari terjadinya pandemi Covid-19 kini keadaan menjadi krisis kesehatan dunia sehingga menggunakan layanan aplikasi telemedicine menjadi sebuah pilihan di situasi pandemi saat ini. Aplikasi telemedicine Halodoc adalah layanan kesehatan di Indonesia yang dibuat untuk mempermudah dalam mengakses kesehatan dengan memanfaatkan teknologi aplikasi online. Aplikasi telemedicine Halodoc menjadi aplikasi kesehatan yang memberikan informasi dan membantu menangani masalah kesehatan pengguna di masa pandemi. Bertujuan untuk mengetahui interaksi simbolik mahasiwi/a dalam penggunaan aplikasi telemedicine Halodoc dimasa pandemi. Maka, interaksi simbolik memiliki peranan penting oleh mahasiswi/a dalam penggunaan aplikasi telemedicine Halodoc dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, mahasiswi/a menggunakan aplikasi telemedicine Halodoc guna untuk memenuhi kebutuhan kesehatan selama masa pandemi. Aplikasi telemedicine Halodoc digunakan sebagai alat informasi kesehatan secara daring dengan jarak jauh. Dalam hal ini terjadi interaksi simbolik yang mengandung simbol seperti, budaya yang berlaku, simbolik dalam fitur aplikasi, dan harapan pengguna aplikasi telemedicine Halodoc. Kata Kunci: Pandemi, Penggunaan Aplikasi Telemedicine Halodoc, Interaksi Simbolik, Kualitatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:59
Last Modified: 01 Mar 2022 04:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item View Item