Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Yang Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja

Goren, Cagla Yasemin (2021) Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Yang Mengalami Pemutusan Hubungan Kerja Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER-ABSTRAK_CAGLA YASEMIN GOREN_205140190.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB I -V_CAGLA YASEMIN GOREN_205140190.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN_CAGLA YASEMIN GOREN_205140190.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia peraturan terkait Ketenagakerjaan diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pada tahun 2020 silam pemerintah telah mengesahkan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Karena mencakup banyak sektor di dalamnya, maka UU Cipta Kerja sering disebut sebagai undang-undang sapu jagat atau yang disebut sebagai Omnibus Law. Dengan diresmikannya UU Cipta Kerja maka terjadi perubahan dalam peraturan terkait Ketenagakerjaan. UU Cipta Kerja menghapus dan mengubah sebagian pasal dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam penelitian ini penulis akan membahas peran UU Cipta Kerja dalam memberikan perlindungan hukum terhadap buruh/pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja oleh pengusaha, dan mengkaji tentang peraturan baru yang terdapat dalam UU Cipta Kerja tentang “Jaminan Kehilangan Pekerjaan”. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui studi dokumen atau bahan pustaka dan wawancara. Jaminan Kehilangan Pekerjaan adalah suatu program yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan, dimana program tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap buruh/pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja. Pemberian perlindungan terhadap buruh/pekerja sangat penting karena dengan sejahteranya buruh/pekerja maka keharmonisan dalam negara Indonesia dapat dijaga dengan baik. Dengan adanya UU Cipta Kerja maka buruh mendapatkan perlindungan hukum melalui Jaminan Kehilangan Pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Redi, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja, Perlindungan Hukum, UU Cipta Kerja, UU Ketenagakerjaan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2022 23:18
Last Modified: 06 Mar 2022 23:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item