Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak ( Studi Kasus Terhadap Putusan Hubungan Industrial Nomor 170/PDT.SUS-PHI/2020/PN.JKT.PST)

Probokusumo, Dhea Dillah (2021) Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak ( Studi Kasus Terhadap Putusan Hubungan Industrial Nomor 170/PDT.SUS-PHI/2020/PN.JKT.PST). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Dhea Dillah Probokusumo_205170166.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I-V_Dhea Dillah Probokusumo_205170166.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Lampiran_Dhea Dillah Probokusumo_205170166.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah pengakhiran hubungan kerja yang terjadi karena suatu hal yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja/buruh dan pengusaha. Dalam pemutusan hubungan kerja kadang muncul perselisihan. Perselisihan ini cenderung terjadi karena tidak adanya kesamaan paham antara pekerja/buruh dengan pengusaha mengenai pengakhiran hubungan kerja. Penyelesaianperselisihan PHK dapat di lakukan secara Bipartit, Mediasi, Konsiliasi, Arbitrase, dan Pengadilan Hubungan Industrial. Kasus Pemberhentian Hubungan Kerja Sepihak kerap semangkin meningkat dari tahun ke tahun. Namun tidak sedikit kasus yang ditegakkan secara tidak adil, dan merugikan para pekerja maupun buruhMetode penelitian yang dipakai adalah mengatur keadilan melalui penggunaan metode hukum dan metode konseptual. Dari hasil penelitian ini, penulis mengangkat rumusan masalah yang berkaitan dengan Peran Majelis Hakim dalam menegakkan kebenaran, dan terkait pemutusan hubungan kerja sepihak terkait penolakan mutasi, khususnya kepada pihak terkena dampak dari adanya suatu cidera janji terhadap kontrak kerja yg mengikat pihak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penyelesaian perselisihan pemutusan hubungan kerja sepihak di Pengadilan Hubungan Industrial dan untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang terjadi serta memberikan solusi hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Gunardi Lie S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pemutusan Hubungan Kerja Sepihak, Hubungan Industrial, Penolakan Mutasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2022 23:25
Last Modified: 06 Mar 2022 23:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34136

Actions (login required)

View Item View Item