Analisis Tanggung Jawab PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Terhadap Penggunaan Uang Kembalian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Terkait Putusan Mahkamah Agung Nomor: 533 K/PDT.SUS-KIP/2018

Octaviano B., Federico (2021) Analisis Tanggung Jawab PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Terhadap Penggunaan Uang Kembalian Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Terkait Putusan Mahkamah Agung Nomor: 533 K/PDT.SUS-KIP/2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Federico Octaviano Budiman_205140218.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I-V_Federico Octaviano Budiman_205140218.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
Lampiran_Federico Octaviano Budiman_205140218.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Beberapa tahun yang lain banyak supermarket modern seperti Alfamart yang mengutip uang kembalian konsumen untuk tujuan donasi namun peruntukkannya tidak diketahui publik. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana tanggung jawab PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk terhadap penggunaan uang kembalian konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian hukum yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunana uang kembalian konsumen didasarkan pada mekanisme pendistribusian hasil sumbangan publik yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Di mana sepanjang tahun 2015 telah bekerjasama dengan 8 yayasan kredibel berskala nasional maupun internasional. PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk sudah melakukan prosedur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam memperoleh izin kepada pihak yang terkait. Bagi pelaku usaha yaitu Alfamart atau pelaku usaha lainnya yang melakukan penghimpunan dana sosial dengan cara mengutip uang kembalian konsumen diharapkan dapat melakukan akuntabilitas ke masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam berdonasi dengan cara membuat laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Alfamart, Uang Kembalian, Konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 06 Mar 2022 23:57
Last Modified: 06 Mar 2022 23:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34140

Actions (login required)

View Item View Item