Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Melalui Tindak Pidana Seksual Di Ranah Online Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Putusan Nomor 1466/Pid.Sus/2017/Pn Jkt.Sel)

Diningrat, Muhamad Sukma Cahya (2021) Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Anak Di Bawah Umur Melalui Tindak Pidana Seksual Di Ranah Online Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak (Studi Kasus Putusan Nomor 1466/Pid.Sus/2017/Pn Jkt.Sel). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Muhamad Sukma Cahya Diningrat_205170124.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I-V_Muhamad Sukma Cahya Diningrat_205170124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
Lampiran_Muhamad Sukma Cahya Diningrat_205170124.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Keterlibatan seorang anak dalam masalah hukum mampu menjadikan masyarakat tidak peka terhadap keadilan dan meremehkan peran anak sebagai generasi penerus bangsa. Kondisi ini semestinya menjadi perhatian yang mendalam bagi orang tua dalam mendampingi dan mengawasi perilaku anak. Anak adalah seseorang yang belum matang baik mental maupun fisiknya, yang masih perlu dibimbing dan diawasi dalam pergaulannya. Ketidaktahuan anak inilah yang sering menjadikan anak melakukan perilaku-perilaku yang menyimpang dan cenderung berbuat jahat. Perilaku yang menyimpang dari norma biasanya akan menjadikan suatu permasalahan baru di bidang hukum dan merugikan masyarakat. Di Indonesia sendiri telah terdapat pengaturan khusus mengenai anak yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana pengaturan perlindungan anak pada tindak pidana seksual yang dilakukan secara online ditinjau dari undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak (studi kasus putusan nomor 1466/pid.sus/2017/jkt.sel)? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif. Data hasil penelitian memperlihatkan bahwa kasus dalam putusan ini membuktikan bahwa masih adanya celah bagi pelaku kejahatan yang berhubungan dengan anak, dimana pelaku yang sudah terbukti melakukan tindak pidana secara sengaja menjual dan menyebarluaskan video asusila anak seharusnya mendapatkan hukuman seberat-beratnya, namun hakim justru meringankan hukuman nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hery Firmansyah S.H., M.Hum., MPA
Uncontrolled Keywords: Hukum Perlindungan Anak, Hukum Pidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:06
Last Modified: 07 Mar 2022 00:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34141

Actions (login required)

View Item View Item