Analisis Pembuktian Unsur Sengaja Dan Dengan Direncanakan Pada Tindak Pidana Pembunuhan Berencana Dalam Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 490/Pid.B/2017/Pn.Jkt.Tim

Limbong, Joshua Mahal Leonard (2021) Analisis Pembuktian Unsur Sengaja Dan Dengan Direncanakan Pada Tindak Pidana Pembunuhan Berencana Dalam Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 490/Pid.B/2017/Pn.Jkt.Tim. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Joshua Mahal Leonard Limbong_205160160.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V_Joshua Mahal Leonard Limbong_205160160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Joshua Mahal Leonard Limbong_205160160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembunuhan berencana dalam terminologi hukum pidana merupakan tindak Pidana menghilangkan nyawa yang dengan rencana atau dipikirkan dahulu untuk memutuskan rencana dari pelaku. Salah satu tindak pidana menghilangkan nyawa ialah pembunuhan berencana yang telah diatur dalam Pasal 340 KUHP. Kesengajaan merupakan unsur subjektif dalam tindak pidana yang melekat terhadap subjek atau pelaku tindak pidana, yang berarti mengkehendaki dan mengetahui apa yang ia perbuat atau dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembuktian unsur subjektif kesengajaan dalam tindak pidana pembunuhan berencana dengan contoh kasus yang dilakukan oleh para Terdakwa dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 490/Pid.B/2017/PN.Jkt.Tim dan melakukan evaluasi terhadap pertimbangan hakim dalam membuktikan unsur kesengajaan perkara ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, yang mana dilakukan penelitian kepustakaan melalui inventarisasi bahan-bahan dari buku dan peraturan perundang-undangan. Terdakwa didakwa dengan pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan mendapat vonis bersalah dengan hukuman seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama 20 (dua puluh) tahun penjara. Dalam kualifikasi dari pasal ini dapat diuraikan dengan perbuatan terdakwa yang dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu untuk memutuskan kehendak dari si pelaku yang melakukan pembunuhan terhadap korban. Putusan tersebut dinilai belum memenuhi unsur sengaja dan direncanakan seperti pada putusan Hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ade Adhari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:20
Last Modified: 07 Mar 2022 00:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34142

Actions (login required)

View Item View Item