Pelaksanaan Pengawasan Kepada Pelaku Usaha Yang Mengganti Tanggal Kadaluarsa Suatu Produk (Studi Kasus Terungkapnya Peredaran Makanan Impor Kadaluarsa Di Jabodetabek)

Christiadi, Kevin (2021) Pelaksanaan Pengawasan Kepada Pelaku Usaha Yang Mengganti Tanggal Kadaluarsa Suatu Produk (Studi Kasus Terungkapnya Peredaran Makanan Impor Kadaluarsa Di Jabodetabek). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Kevin Christiadi_205170057.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB I-V_Kevin Christiadi_205170057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
Lampiran_Kevin Christiadi_205170057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seperti yang sudah dicantumkan didalam Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang menyebutkan bahwa Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan konsumen. Dalam skripsi ini permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana pelaksanaan pengawasan kepada pelaku usaha yang mengganti tanggal kadaluarsa suatu produk. Dalam menjawab permasalahan yang diambil, peneliti menggunakan metode penelitian hukum normatif. Analisis yang tepat dalam penyelesaian kasus ini ialah dimana BPOM selaku badan yang bertujuan atau bertugas melakukan pengawasan secara optimal terhadap beredarnya makanan-makanan yang akan masuk kedalam supermarket dan juga pasar. Kesimpulan dari skripsi ini yaitu BPOM harus melakukan pengecekan sebelum makanan beradar di supermarket atau pasar, lalu melakukan pengawasan secara rutin dan berkala. Saran yang dapat penulis sampaikan yaitu dimana peran BPOM sangatlah penting dalam beredarnya makanan, maka dari itu pengawasan harus lebih ditingkatkan. Dan bagi yang masih melanggar maka harus diberikan sanksi tegas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mariske Myeke Tampi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Pengawasan, Pelaku Usaha, PT PRS
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:35
Last Modified: 07 Mar 2022 01:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34143

Actions (login required)

View Item View Item