Penegakan Hukum Pidana Terhadap Pelanggaran Pengunaan Sirine Dan Lampu Isyarat Oleh Pengguna Jalan Ditinjau Dari Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan

Mendila, Joshua (2021) Penegakan Hukum Pidana Terhadap Pelanggaran Pengunaan Sirine Dan Lampu Isyarat Oleh Pengguna Jalan Ditinjau Dari Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Joshua Mendila_205170138.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB I-V_Joshua Mendila_205170138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
Lampiran_Joshua Mendila_205170138.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sirine dan lampu isyarat atau yang sering disebut dengan strobo adalah alat yang digunakan pada kendaraan tertentu. Kendaraan tertentu yang dimaksud adalah kendaraan yang memiliki hak utama yang di atur dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Mengenai pelanggaran penggunaan sirine dan strobo oleh pengguna jalan yang tidak memiliki kapasitas untuk menggunakan alat tersebut sudah menjadi tugas Kepolisian sebagai aparat penegak hukum untuk melakukan pindakan. Adapun permasalahan di dalam penulisan skripsi ini ialah Bagaimana penegakan hukum pidana yang dilakukan oleh kepolisian terhadap pengguna jalan yang melanggar Pasal 287 Ayat 4 Undang-Undang No 22 Tahun 2009? Metode penelitian yang digunakan adalah normatif, dengan pendekatan perundang-undang. Data hasil penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka, dan wawancara. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penegakan hukum pidana yang dilakukan oleh kepolisian belum maksimal, itu terbukti karena masih ada pengguna jalan yang menggunakan sirine dan strobo. Seharusnya pihak kepolisian melakukan tindakan yang tegas dan konsisten untuk menertibkan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan, dan pengguna jalan harus tertib dan menaati semua aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia dengan cara tidak menggunakan sirine dan strobo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. K. Martono, SH., LL.M.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Sirine, Dan Lampu Isyarat
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:09
Last Modified: 07 Mar 2022 07:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34161

Actions (login required)

View Item View Item