Analisis Yuridis Terhadap Kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Pro Justicia Terhadap Pelanggaran Persaingan Usaha Industri Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus Putusan Nomor 806 K Pdt.Sus-KPPU/2019)

Wijayanti, Maharani Prima (2021) Analisis Yuridis Terhadap Kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Pro Justicia Terhadap Pelanggaran Persaingan Usaha Industri Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus Putusan Nomor 806 K Pdt.Sus-KPPU/2019). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Maharani_205160287.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I-V_Maharani_205160287.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
Lampiran_Maharani_205160287.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (yang selanjutnya disebut dengan KPPU) adalah sebuah lembaga negara yang dibentuk untuk menyelesaikan berbagai sengketa dalam ranah persaingan usaha di indonesia. Sebagai sebuah lembaga yang sifatnya independen KPPU memiliki kewenangan, seperti yang tertulis dalam Pasal 36 UU Antimonopoli. Secara garis besar jenis persaingan usaha yang tidak sehat yang terdapat dalam suatu perekonomian pada dasarnya adalah kartel, perjanjian tertutup (exclusive dealing), merger, dan monopoli. Persaingan usaha yang tidak sehat akan melahirkan monopoli. Tulisan ini kemudian mengkaji mengenai bagaimana kondisi tantangan penegakan hukum persaingan usaha pada sektor air minum dalam kemasan di Indonesia serta bagaimana peranan KPPU dalam penegakan hukum persaingan usaha pada sektor tersebut, dan fokus masalah dari penelitian ini yaitu tentang ketentuan UU Antimonopoli, yang dimana menggunakan rumusan masalah bagaimana kekuatan yuridis kewenangan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) dan bagaimana tinjauan terhadap kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam penyelesaian sengketa persaingan usaha yang terkait.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Vera Wheni Soemarwi, S.H., LL.M
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum Persaingan Usaha, Kewenangan KPPU
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:20
Last Modified: 07 Mar 2022 07:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34162

Actions (login required)

View Item View Item