Perlindungan Hukum Bagi Pihak Kreditur Terhadap Musnahnya Benda Jaminan Fidusia (Studi Kasus: Putusan Nomor 26/PDT.GS/2020/PN.RAP)

Runtulalo, Mario Josua (2021) Perlindungan Hukum Bagi Pihak Kreditur Terhadap Musnahnya Benda Jaminan Fidusia (Studi Kasus: Putusan Nomor 26/PDT.GS/2020/PN.RAP). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Mario Josua Runtulalo_205160192.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I-V_Mario Josua Runtulalo_205160192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
Lampiran_Mario Josua Runtulalo_205160192.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum bagi pihak kreditur atau pihak bank dengan musnahnya objek jaminan fidusia yang terjadi lewat putusan Pengadilan Negeri Nomor 26/Pdt.GS/2020/PN Rap. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat diskriptif, dengan maksud memberikan data yang selengkap mungkin mengenai proses penyelesesaian perkara lewat pengadilan negeri dan juga apa saja yang menjadi pertimbangan-pertimbangan hakim dalam membuat putusan lewat putusan Pengadilan Negeri Nomor 26/Pdt.GS/2020/PN Rap antara pihak penggugat dan pihak tergugat. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan mencakup data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Undang – Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia dan beberapa peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia serta terhubung dengan penelitian yang akan diteliti. sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen, literatur, dan wawancara yang bertujuan sebagai pendukung data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Wawancara dengan pada PT Dipo Star Finance Cabang Bekasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Undang-Undang (statute approach), pendekatan kasus (case approach) dan juga pendekatan konsep (conceptual approach) Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif hal tersebut dimaksudkan dengan menganalisis data yang didapat dikaitkan dengan teori-teori dalam landasan teoretis kemudian disajikan secara mendetail dan tersusun untuk merampungkan tulisan ini. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan. Pertama mengenai perlindungan hukum kreditur bank terkait musnahnya objek jaminan fidusia yaitu dengan adanya perlindungan hukum preventif, perlindungan hukum represif serta asas-asas pokok hukum yang berlaku dalam jaminan fidusia. Kedua mengenai pertimbangan hakim dalam Putusan Pengadilan Negeri Nomor 26/Pdt.GS/2020/PN Rap di mana beberapa hal yang menjadi pertimbangan hakim dalam mengadili diambil secara yuridis yang berisi mengenai gugatan penggugat, keterangan terdakwa,alat-alat bukti serta pasal-pasal yang mendukung perbuatan wanprestasi, lalu ada factor non-yuridis yang mengambil tentang latar belakang tergugat, akibat perbuatan tergugat serta kondisi diri tergugat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Hanafi Tanawijaya ,SH.,MH
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum atas musnahnya objek jaminan fidusia
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 07 Mar 2022 09:07
Last Modified: 07 Mar 2022 09:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34167

Actions (login required)

View Item View Item