REPRESENTASI NASIONALISME KONTEN KREATIF YOUTUBE BERBALUT KEBUDAYAAN INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA PEIRCE PADA “PENTAS SWARA INDONESIA”)

CAROLINE, FLORENCIA ANGELIA (2022) REPRESENTASI NASIONALISME KONTEN KREATIF YOUTUBE BERBALUT KEBUDAYAAN INDONESIA (ANALISIS SEMIOTIKA PEIRCE PADA “PENTAS SWARA INDONESIA”). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberagaman kebudayaan Indonesia menjadi fakta perbedaan dalam masyarakat. Rasa nasionalisme masyarakat Indonesia perlu ditingkatkan seiring perkembangan zaman. Angka tinggi penggunaan media sosial terutama YouTube di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk pelestarian kebudayaan dalam memupuk rasa nasionalisme masyarakat. Tujuan penelitian untuk mengetahui representasi nasionalisme pada konten berbalut kebudayaan Indonesia dengan ruang lingkup yaitu video YouTube SkinnyIndonesian24 Pentas Swara Indonesia. Tinjauan pustaka memuat teori maupun konsep mengenai representasi, nasionalisme, media sosial, dan semiotika. Pendekatan penelitian ini kualitatif dengan paradigma interpretif. Metode penelitian ini analisis wacana. Semiotika Peirce (Model Triadic) sebagai teknik analisis data yang mengkaji Object sebagai acuan tanda, Representamen/Sign sebagai tanda, dan Interpretant sebagai interpretasi. Teknik pengumpulan data penelitian secara primer dari video Pentas Swara Indonesia dan sekunder berupa studi pustaka dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan representasi nasionalisme dalam cuplikan adegan Pentas Swara Indonesia. Tanda-tanda nasionalisme ditangkap melalui acuan tanda yang diyakini memiliki representasi nasionalisme. Tanda dapat diambil dari visual (kostum, angle shot kamera, lighting, dll.) ataupun audio (dialog dan monolog atau lagu) dalam 10 cuplikan adegan pilihan. Disimpulkan nasionalisme pada Pentas Swara Indonesia direpresentasikan oleh upaya pelestarian kebudayaan Indonesia yang dikemas dalam inovasi video pertunjukkan seni secara modern. Kata Kunci: Representasi nasionalisme, Konten kreatif, Kebudayaan Indonesia, Semiotika Peirce, YouTube

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:26
Last Modified: 15 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34261

Actions (login required)

View Item View Item