PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @BOGOREATERY TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KONSUMEN WISATA KULINER DI BOGOR

PUTRANTO, FADIA SYAH (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @BOGOREATERY TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KONSUMEN WISATA KULINER DI BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akun Instagram @bogoreatery merupakan salah satu akun yang berbasis konten informasi seputar wisata kuliner di Bogor. Akun tersebut memudahkan pengguna media sosial Instagram dalam mencari informasi wisata kuliner melalui berbagai konten yang diberikan kepada pengguna lainnya dan telah memiliki 182 ribu pengikut serta sudah mengunggah lebih dari 1800 konten. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan efektivitas akun Instagram @bogoreatery terhadap pemenuhan kebutuhan informasi konsumen wisata kuliner di Bogor. Penulis menggunakan teori uses and gratifications penggunaan media sosial, teori efektivitas dan pemenuhan kebutuhan informasi sebagai konsep penelitian. Metode penelitian berupan eksplanatif survei terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuisioner sebagai instrument penulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji f dan uji t. Dari penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier berganda adalah Y= (-0,089) + 0,293 + 0,795 nilai (sig) 0.000. Hal ini diartikan setiap peningkatan penggunaan media sosial sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 0,293. Begitu pula dengan setiap peningkatan keefektivitas akun Instagram sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 0,795, yang berarti penggunaan media sosial dan efektivitas akun Instagram @bogoreatery memiliki pengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi konsumen wisata kuliner di Bogor. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Efektivitas, Instagram, Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:38
Last Modified: 15 Mar 2022 05:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34276

Actions (login required)

View Item View Item