KOMUNIKASI ORGANISASI KEAGAMAAN SECARA DARING PADA SAAT PANDEMI (STUDI KASUS PADA JEMAAT GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH KRAMAT PULO DI MASA WABAH COVID-19)

PRISCILLA, YOKHEBED (2022) KOMUNIKASI ORGANISASI KEAGAMAAN SECARA DARING PADA SAAT PANDEMI (STUDI KASUS PADA JEMAAT GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH KRAMAT PULO DI MASA WABAH COVID-19). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Organisasi keagamaan kini secara terpaksa harus merubah bentuk komunikasi nya menjadi komunikasi daring karena kebijakan pemerintah terkait peniadaan sementara kegiatan keagamaan di rumah ibadah untuk mencegah penularan wabah Covid-19. Menggunakan teori komunikasi organisasi dan teori komunikasi bermediasi komputer, penelitian ini mengangkat persoalan mengenai komunikasi secara daring sebagai komunikasi baru dalam organisasi keagamaan dengan fokus untuk mengetahui jenis komunikasi daring yang digunakan, aliran komunikasi organisasi keagamaan secara daring, dan hambatan dalam komunikasi daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang meneliti organisasi keagamaan Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Kramat Pulo. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian ini adalah pengurus organisasi GMAHK Kramat Pulo. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi organisasi keagamaan secara daring menggunakan media sosial komunikasi asinkron seperti Facebook, Youtube, dan Whatsapp Group sebagai sarana penyebaran informasi, koordinasi, dan sarana alternatif kegiatan pendalaman keagamaan. Sementara media komunikasi sinkron seperti Zoom diperuntukkan sebagai sarana pengganti kegiatan keagamaan atau kebaktian, dan rapat organisasi. Aliran komunikasi organisasi secara daring dalam proses penyebaran informasi bersifat vertikal linear dari pemimpin organisasi ke bawah. Hambatan teknis seperti masalah jaringan internet, menjadi masalah utama pada komunikasi organisasi keagamaan secara daring. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Komunikasi Daring, Aliran Komunikasi, Hambatan Komunikasi, Organisasi Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:50
Last Modified: 16 Mar 2022 04:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34296

Actions (login required)

View Item View Item