STUDI TENTANG PERUBAHAN ADAPTASI & INTERAKSI SOSIAL AHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PERANTAU DI JAKARTA YANG TERDAMPAK WABAH COVID-19)

BELL, KARN (2022) STUDI TENTANG PERUBAHAN ADAPTASI & INTERAKSI SOSIAL AHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PERANTAU DI JAKARTA YANG TERDAMPAK WABAH COVID-19). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Virus Covid-19 merupakan virus jenis baru dari coronavirus yang dapat menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang semua orang mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Penyebaran virus ini dapat terjadi melalui kontak fisik maupun secara tidak langsung jika berpapasan atau bersentuhan dengan orang yang sudah terpapar. Pandemi akibat virus ini mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia terutama dalam aspek berinteraksi sosial. Perubahan yang terjadi di lingkungan sosial membuat orang mencoba melakukan adaptasi sosial dan hal tersebut langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat termasuk mahasiswa perantau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan interaksi sosial yang terjadi di kehidupan mahasiswa perantau di tengah pandemi. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Sosial dan teori Adaptasi Sosial. Pada penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian fenomenologi. Hasil penelitian diperoleh melalui data observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tiga narasumber. Penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya perubahan sosial, membuat gaya hidup mahasiswa perantau di Jakarta turut berubah menyesuaikan aturan selama pandemi berlangsung dari segi finansial, kesehatan, dan komunikasi. Perubahan sosial yang dirasakan mahasiswa perantau menumbuhkan rasa simpati dan peduli terhadap kondisi sesama. Hal ini dilihat berdasarkan pengalaman narasumber yang membantu sesama dalam berbagi makanan serta tingkat emosional akan suatu kejadian yang menimpa individu lain. Kata Kunci: Interaksi, Adaptasi, Gaya Hidup, Perubahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:36
Last Modified: 16 Mar 2022 05:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34306

Actions (login required)

View Item View Item