AKOMODASI KOMUNIKASI DENGAN MERUBAH IDENTITAS SOSIAL (Studi Kasus Perantau Asal Solo di Jakarta dalam Berinteraksi dengan Merubah Dialek)

LAFIANA, LAFIANA (2022) AKOMODASI KOMUNIKASI DENGAN MERUBAH IDENTITAS SOSIAL (Studi Kasus Perantau Asal Solo di Jakarta dalam Berinteraksi dengan Merubah Dialek). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jakarta sebagai kota metropolitan dan pusat ekonomi menarik penduduk luar daerah melakukan urbanisasi. Hal yang sama dilakukan orang Solo di Jakarta untuk mencari pekerjaan, melanjutkan pendidikan, dll. Perbedaan identitas sosial yang ada meliputi dialek berpotensi menimbulkan konflik seperti, dominasi dan segmentasi kelompok, sehingga budaya lain merasa terasing. Untuk meminimalisasi konflik, perantau merasa perlu melakukan adaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, motif, dan kendala perantau Solo melakukan penyesuaian komunikasi dengan merubah dialeknya sebagai identitas sosial ketika berinteraksi dengan orang berdialek Jakarta di Jakarta. Penelitian ini dilakukan karena belum ada yang meneliti dan merupakan pengalaman penulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus. Data penelitian yang diperoleh bersumber dari wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan adalah komunikasi antarbudaya, hambatan-hambatan komunikasi antarbudaya, akomodasi komunikasi, identitas sosial dan dialek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyesuaian perantau Solo tergantung kemampuan beradaptasi tiap individu. Penyesuaian dilakukan dengan bergaul dengan orang berdialek Jakarta. Tujuan penyesuaian perantau Solo agar komunikasi dapat dipahami kedua belah pihak, keberadaan perantau diterima agar tercapai tujuannya di Jakarta. Kendala yang dialami informan selama proses interaksi adalah perbedaan dialek, sulit merubah kebiasaan berdialek Solo sehingga beberapa informan mengalami perasaan cemas akan prasangka negatif dari lingkungan. Kata Kunci: Akomodasi Komunikasi, Adaptasi, Dialek, Kota Solo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:38
Last Modified: 16 Mar 2022 05:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34307

Actions (login required)

View Item View Item