REPRESENTASI REALITAS SOSIAL MANTAN NARAPIDANA PEREMPUAN DI AMBON (Studi Kasus Citra Mantan Narapidana Perempuan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Ambon)

HUWAE, MARCHANTIA PUTRI NESYA (2022) REPRESENTASI REALITAS SOSIAL MANTAN NARAPIDANA PEREMPUAN DI AMBON (Studi Kasus Citra Mantan Narapidana Perempuan di Balai Pemasyarakatan Kelas II Ambon). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tindak kriminalitas dalam pandangan masyarakat biasanya dipandang lekat dengan perbuatan laki-laki, sehingga kriminalitas dianggap tidak lazim jika dilakukan oleh perempuan. Hal tersebut berdampak kepada kehidupan mantan narapidana perempuan, Seringkali gendernya sebagai perempuan disangkutpautkan dengan jejak kriminalitas yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas sosial yang membentuk representasi citra mantan narapidana perempuan di Ambon serta untuk mengetahui dampak citra mantan narapidana perempuan di Ambon dalam kehidupan sehari-hari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial, media massa, citra, gender, dan feminisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan metode penelitian studi kasus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konstruksi realitas sosial merupakan sesuatu yang dibuat oleh masyarakat dan disebarkan secara luas sehingga membentuk pikiran dan perilaku seseorang. Hal tersebut membuat pemikiran buruk tentang perempuan dengan rekam jejak kriminalitas sehingga merusak citra diri perempuan tersebut. Oleh karena itu mantan narapidana perempuan sering dihadapkan dengan stigma dan labeling negatif yang mengganggu kehidupan sehari-harinya. Kata Kunci: Mantan Narapidana Perempuan, Konstruksi Realitas Sosial, Citra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:30
Last Modified: 17 Mar 2022 05:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34351

Actions (login required)

View Item View Item