STUDI PERBANDINGAN PENYINGKAPAN DIRI NONVERBAL OLEH PENYINTAS KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KOMUNIKASI NONVERBAL PENYINTAS DALAM FILM “SILENCED” DAN “27 STEPS OF MAY”)

FREDRIK, STIEVANO TIMOTY (2022) STUDI PERBANDINGAN PENYINGKAPAN DIRI NONVERBAL OLEH PENYINTAS KEKERASAN SEKSUAL (STUDI KOMUNIKASI NONVERBAL PENYINTAS DALAM FILM “SILENCED” DAN “27 STEPS OF MAY”). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kekerasan seksual pada perempuan dan anak masih menjadi permasalahan sosial yang meresahkan masyarakat hingga saat ini. Tercatat di tahun 2021 kekerasan seksual mencapai 3.122 kasus, dan mencapai angkat tertinggi yaitu 11.637 kasus pada tahun 2020 berdasarkan laporan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Banyak pihak sadar dengan kesulitan penyintas kekerasan seksual untuk bercerita tentang pengalamannya sehingga beberapa pihak berinisiatif membuat film layar lebar berdasarkan kisah nyata para penyintas kekerasan seksual yaitu di antaranya film “Silenced” dan film “27 Steps of May”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi nonverbal, dan penyingkapan diri. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode fenomenologi. Data hasil penelitian diperoleh melalui studi kepustakaan, observasi non-partisipan, dan dokumentasi dengan menyeleksi adegan-adegan yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa individu atau kelompok penyintas kekerasan seksual yang memiliki keterbatasan fisik atau gangguan mental yang tidak dapat berkomunikasi secara lisan tetap dapat melakukan penyingkapan diri yang bertujuan untuk memperoleh keadilan dan pemulihan dari trauma masa lalu. Kata Kunci: Kekerasan Seksual, Penyingkapan Diri, Komunikasi Nonverbal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:43
Last Modified: 17 Mar 2022 05:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34353

Actions (login required)

View Item View Item