STUDI SEMIOTIKA IKLAN PERBANKAN DI YOUTUBE (STUDI KONSTRUKSI PEREMPUAN PADA IKLAN PERBANKAN)

STEFIANY, TASYA (2022) STUDI SEMIOTIKA IKLAN PERBANKAN DI YOUTUBE (STUDI KONSTRUKSI PEREMPUAN PADA IKLAN PERBANKAN). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan merupakan komunikasi massa karena salah satu cara penyampaiannya melalui media daring, yaitu YouTube. Terdapat banyak iklan di YouTube, namun penulis memilih iklan perbankan dari Bank Tabungan Negara (BTN) berjudul “Karena Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini”, Bank Syariah Indonesia (BSI) berjudul “Bersatu Untuk Indonesia”, dan Bank Jabar Banten (BJB) berjudul “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Dalam ketiga iklan ini terdapat penggambaran figur perempuan berprofesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi perempuan pada iklan perbankan di YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian semiotika. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi massa, media baru, feminisme, dan spiral keheningan. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi pada adegan di iklan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi perempuan pada iklan perbankan di YouTube adalah perempuan tidak hanya mengerjakan pekerjaan domestik, yaitu menjadi ibu rumah tangga, tapi perempuan sekarang aktif di lingkup publik dan dapat menjadi berbagai macam profesi. Bahkan profesi yang umumnya didominasi oleh laki-laki, sekarang perempuan dapat melakukan hal tersebut. Kata Kunci: Iklan, YouTube, Konstruksi, Perempuan, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:46
Last Modified: 17 Mar 2022 05:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34354

Actions (login required)

View Item View Item