STRATEGI DIVISI MEDIA SOSIAL PADA PENERBIT BRIN DALAM MENGINFORMASIKAN PROGRAM AKUISISI PENGETAHUAN LOKAL

HERMAWAN, FAJAR (2022) STRATEGI DIVISI MEDIA SOSIAL PADA PENERBIT BRIN DALAM MENGINFORMASIKAN PROGRAM AKUISISI PENGETAHUAN LOKAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepedulian terhadap pendokumentasian keanekaragaman budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Penerbit BRIN memiliki program untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam Program Akuisisi Pengetahuan Lokal. Melalui program ini, masyarakat dapat mengakses informasi yang tervalidasi, terverifikasi, dan berkualitas sehingga menjadi pengetahuan yang bermanfaat serta juga bagi pemerintah dalam membuat suatu kebijakan. Media sosial terus berkembang yang dapat digunakan sebagai sarana penyebaran informasi tentang program tersebut. Media sosial Penerbit BRIN merupakan sarana aktif yang dikelola secara profesional oleh Penerbit BRIN, berupaya untuk menyebarluaskan informasi Program Akuisisi Pengetahuan Lokal kepada publik dengan dengan strategi di seluruh platform media sosial yang dikelola. Rumusan masalah dalam penelitian untuk mengetahui strategi divisi media sosial pada Penerbit BRIN sebagai lembaga yang memberikan pelayanan kepada publik dalam publikasi ilmiah dalam program yang dimiliki yang berupa buku dan audiovisual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Studi kasus dilakukan pada media sosial Penerbit BRIN melalui konten program akuisisi pengetahuan lokal di beberapa media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook Fanpage, Tiktok, dan saluran video Youtube. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai Divisi Media Sosial dan tim fungsi pelaksana Program Akuisisi Pengetahuan Lokal, serta mengamati data program tersebut yang diperoleh secara transparan. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi yang dimiliki Penerbit BRIN telah menjalankan sesuai dengan penyederhanaan tentang perencanaan media sosial dengan melakukan metode People – Objectives – Strategy – Technology. Kata Kunci: New Media, Strategi Media Sosial, Program Akuisisi Pengetahuan Lokal, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 17 Mar 2022 06:04
Last Modified: 17 Mar 2022 06:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34363

Actions (login required)

View Item View Item