Kajian kebutuhan ruang sesuai prinsip penyelenggaraan daycare dengan tipe Montessori

Nugrahati, Annisa Dina (2021) Kajian kebutuhan ruang sesuai prinsip penyelenggaraan daycare dengan tipe Montessori. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Lembar Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Lembar Penyataan.pdf

Download (134kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Kata Pengantar.pdf

Download (151kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Daftar Isi.pdf

Download (189kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[img] Text
317201002_Annisa Dina_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=25...

Abstract

Daycare di Indonesia masih banyak yang belum memadai dari segi fasilitas, infrastruktur bahkan proses pembelajarannya. Padahal tingkat kebutuhan tiap tahunnya terus meningkat dikarenakan semakin meningkatnya jumlah orangtua, khususnya ibu yang bekerja. Daycare sendiri merupakan tempat penitipan bagi bayi, balita, anak-anak pra sekolah dan usia sekolah mulai dari usia 0-36 bulan. Prinsip Daycare sendiri terdiri dari 4 (empat), yaitu Tempa, Asah, Asih dan Asuh. Keempat itu merupakan pertimbangan utama dalam penyelenggaraan tempat penitipan anak, dan tentu saja masing-masing diantaranya memiliki kebutuhan arsitektural yang spesifik untuk mendukung pelaksanaan prinsip itu. tempa bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik dan upaya pemeliharan kesehatan anak. Sedangkan yang dimaksud asah ialah pengembangan seluruh potensi anak melalui belajar dan bermain. Kemudian asih yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan anak terhadap perlindungan diri, dan yang terakhir asuh yang memiliki tujuan pembentuk kualitas kepribadian sang anak. Diantara banyaknya penerapan metode penyelenggaraan Daycare, terdapat salah satu metode pendidikan yang banyak diterapkan ialah metode Montessori. Metode Montessori sendiri merupakan sebuah metode pendidikan yang terbentuk oleh lingkungan sang anak dan anak mendapat kebebasan untuk menentukan materi pembelajarannya. Lingkungan tersebut kemudian menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan anak. Adapun terdapat 5 (lima) fokus sistem pendidikan metode montessori, yaitu latihan Practical life, pembelajaran melalui sensori, bahasa, kultur dan matematika. Penelitian ini menggabungkan keempat prinsip penerapan Daycare dan penerapan metode Montessori untuk menghasilkan kajian kebutuhan ruang yang sesuai dengan prinsip penyelenggaraan Daycare tipe Montessori.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Daycare, metode Montessori.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 02:31
Last Modified: 16 Aug 2022 06:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item