STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KEPADA KELUARGA MISKIN (STUDI KASUS SAHABAT ANAK JAKARTA)

TRIBUANA, BEN YAMIN (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN KEPADA KELUARGA MISKIN (STUDI KASUS SAHABAT ANAK JAKARTA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kaum marginal, merupakan sekelompok orang yang seringkali dipandang sebelah mata. Hal itu dikarenakan mereka dianggap berada dalam tingkatan sosial kelas bawah yang bahkan memiliki level edukasi yang rendah. Yayasan Sahabat Anak adalah yayasan perlindungan anak yang digerakkan oleh para volunter dalam memperjuangkan terpenuhinya hak anak, khususnya anak marjinal dan bertujuan agar dapat memberikan pendidikan kepada keluarga miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif Sahabat Anak Jakarta untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pendidikan kepada keluarga miskin (marginal). Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif serta konsep pembinaan dan kaum miskin. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan studi kasus. Data dari hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dengan empat informan, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sahabat Anak Jakarta melakukan komunikasi persuasif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan pada keluarga marjinal dengan menggunakan pendekatan kekeluargaan agar dapat diterima oleh keluarga marjinal. Hambatan yang dialami Sahabat Anak dalam strategi komunikasi persuasif adalah kurangnya pengetahuan dan kesadaran keluarga marjinal terhadap pendidikan serta kurangnya komitmen keluarga marjinal untuk terlibat dalam pemenuhan hak-hak anak. Namun, Sahabat Anak tetap berkomitmen untuk melakukan komunikasi persuasif yang bersifat kekeluargaan, memberikan pemahaman, memberikan pengetahuan, memberikan motivasi serta berkomitmen sebagai upaya pemenuhan hak-hak anak terutama hak untuk berpendidikan. Kata Kunci: Komunikasi Persuasif, Pendidikan, Kaum Marjinal, Yayasan Komunitas Sahabat Anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 03:45
Last Modified: 18 Mar 2022 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34387

Actions (login required)

View Item View Item