EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @kemendagri TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PUBLIK (SURVEI PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @kemendagri)

Olivia, Novita (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @kemendagri TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PUBLIK (SURVEI PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @kemendagri). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat semakin mudah untuk mencari informasi. Perkembangan era digital saat ini terjadi sangat cepat di masyarakat dengan adanya internet. Munculnya internet ini kemudian adanya media sosial seperti Instagram. Saat ini banyak institusi yang membuat akun Instagram khusus untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Salah satu instansi pemerintah Kementerian Dalam Negeri memiliki akun media sosial Instagram yaitu @Kemendagri untuk mengunggah informasi seputar Kementerian Dalam Negeri. Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media sosial @kemendagri dalam memenuhi kebutuhan informasi publik. Teori dalam penelitian ini adalah kepuasaan dan penggunaan yang menjelaskan bahwa individu dapat memilih media untuk pemenuhan kebutuhannya melalui media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, metode survei dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada 100 sampel yang ditentukan melalui probability sampling dan simple random sampling. Hasil yang diperoleh koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil koefisien determinasi kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 54,2%. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Kesimpulan yang dapat diberikan adalah penggunaan media sosial Instagram @kemendagri Efektif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi publik melalui pengujian teori. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Kebutuhan Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:05
Last Modified: 18 Mar 2022 04:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34397

Actions (login required)

View Item View Item