STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM RADIO PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA SUMBER PEMBELAJARAN DAN INFORMASI (STUDI DI RADIO SUARA EDUKASI AM DI TENGAH PANDEMI COVID-19)

Nurhaliza, Syifa (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM RADIO PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA SUMBER PEMBELAJARAN DAN INFORMASI (STUDI DI RADIO SUARA EDUKASI AM DI TENGAH PANDEMI COVID-19). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suara Edukasi AM adalah Siaran Radio Pendidikan yang telah diselenggarakan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Radio membutuhkan strategi komunikasi khusus agar informasi yang disiarkan setiap harinya dapat diterima dan mudah diterima oleh pendengar dan memberi manfaat kepada para pendengarnya. Dalam situasi pandemi COVID-19 ini dengan strategi komunikasi tersebut, diharapkan radio Suara Edukasi dapat menjadi sumber pembelajaran dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya pelajar dan guru atau tenaga pendidik. Di tengah banyaknya stasiun radio yang sudah tidak aktif dikarenakan eksistensi radio pada masa sekarang sudah banyak tergantikan oleh media massa lainnya yang lebih modern, namun radio Suara Edukasi tetap konsisten dengan program radionya dan tetap memberikan banyak informasi seputar pendidikan maupun seputar hiburan lainnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dari mulai proses perencanaan, evaluasi, pengelolaan dan tantangan yang dihadapi oleh radio Suara Edukasi dalam mengelola dan memberikan informasi pada masa pandemi COVID-19. Selain itu juga untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan radio pendidikan Suara Edukasi dalam memberikan informasi pembelajaran, agar dapat mempertahankan dan menarik pendengar di tengah pandemi COVID-19 melalui program siarannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tahapan strategi komunikasi yang dipaparkan oleh Phill Jones, teori tersebut dapat digunakan oleh organisasi untuk mencapai tujuannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, dengan pendekatan penelitian metode kualitatif, penulis mengumpulkan data primer dengan wawancara dan observasi di lapangan. Kemudian data sekunder diperoleh melalui website, artikel, dan buku. Hasil konfirmasi pada temuan penelitian ini relevan dengan teori yang digunakan yaitu teori Phill Jones. Meskipun ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh radio Suara Edukasi, namun radio tersebut dapat melakukan tahapan-tahapan strategi komunikasi dengan baik, demi tercapainya sebuah tujuan organisasi. Pada saat ini, strategi komunikasi selama pandemi yang sudah ditetapkan dan disempurnakan akan terus digunakan dan dikembangkan. Kata Kunci: Strategi komunikasi, Radio Pendidikan, COVID-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:07
Last Modified: 18 Mar 2022 04:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34398

Actions (login required)

View Item View Item