STRATEGI REDAKSI MEDIA KOMPAS.COM DALAM MENARIK MINAT GENERASI MILLENIAL

WIDYAWATI, WIDYAWATI (2022) STRATEGI REDAKSI MEDIA KOMPAS.COM DALAM MENARIK MINAT GENERASI MILLENIAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Hal ini mendorong terjadinya perubahan komunikasi yang lebih efektif. Segala jenis informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh melalui media online atau New media. Media online menggunakan sejumlah wadah atau portal layaknya media sosial yang banyak digunakan oleh milenial, seperti Instagram, YouTube, Facebook, dan TikTok. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori New media dan Agenda setting. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi redaksi media Kompas.com dalam menarik minat generasi milenial dan strategi Kompas.com dalam menghadapi persaingan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat empat narasumber terpercaya yang diwawancarai yakni redaktur pelaksana Kompas.com, Reporter Kompas.com, dan dua lainnya pembaca setia harian Kompas.com. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa strategi redaksi media Kompas.com untuk menarik generasi milenial yaitu dengan penggunaan media sosial, menggunakan sejumlah fitur-fitur yang sudah disediakan dari media sosial tersebut, dan membuat konten yang relevan dengan generasi milenial. Selain itu berdasarkan data yang didapatkan dari narasumber, memang benar adanya bahwa pembaca harian Kompas.com didominasi oleh kaum milenial. Lalu, Strategi Kompas.com menghadapi persaingan dengan media lainnya pun juga sudah dinilai efektif, yaitu dengan mempertahankan brand news yang mengutamakan keakurasian berita, hal ini yang membuat Kompas menjadi media pemberitaan paling diminati oleh generasi milenial. Karena hal itulah yang dapat membuat Kompas.com menjadi trusted online media di Indonesia. Kata Kunci: Media Online, New Media, Agenda Setting, Strategi Redaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:12
Last Modified: 18 Mar 2022 04:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34401

Actions (login required)

View Item View Item