ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA OPTIMISME PADA VIDEO KLIP SUPER-M “We-Do”

SURJANTO, KIMBERLY (2022) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA OPTIMISME PADA VIDEO KLIP SUPER-M “We-Do”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Video klip merupakan media komunikasi yang memiliki makna. Untuk menguak suatu makna maka dibutuhkan analisis menggunakan metode semiotika. Metode semiotika sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah metode semiotika John Fiske. Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari mengenai tanda. Tanda-tanda yang ada di sekitar masyarakat dapat menjadi berarti dengan adanya makna. Menggunakan metode ini, peneliti ingin mengetahui optimisme yang digambarkan dalam video klip Super-M dengan judul “We-Do”. Video klip ini dirilis pada kondisi pandemi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup baik secara fisik maupun psikis. Seperti yang diketahui bahwa saat ini, masyarakat dari berbagai lapisan merasakan kondisi yang tidak biasa. Kondisi pandemi yang tidak mudah, mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah kesehatan mental. Kesehatan mental salah satunya sikap optimisme mengalami tren yang menurun sejak tahun 2019. Seseorang yang memiliki sikap optimis merupakan orang yang memiliki pikiran positif serta memiliki harapan. Dengan menggunakan analisis semiotika, diharapkan dapat menemukan gambaran-gambaran optimisme pada video klip tersebut. Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa tanda yang menunjukkan gambaran optimisme. Kata Kunci: John Fiske, Semiotika, Optimisme, Video Klip

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:25
Last Modified: 18 Mar 2022 04:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34407

Actions (login required)

View Item View Item