REPRESENTASI KESELAMATAN DALAM IKLAN GOJEK “IT’S OKAY TO BE LEBAY” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

HONOURIS, CARISSA (2022) REPRESENTASI KESELAMATAN DALAM IKLAN GOJEK “IT’S OKAY TO BE LEBAY” (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang berjudul Representasi Keselamatan Dalam Iklan Gojek “It’s Okay To Be Lebay” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce) ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana representasi keselamatan yang terkandung dalam iklan Gojek “It’s Okay To Be Lebay”. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan observasi sebagai metode pengumpulan data. Peneliti melakukan analisis tanda yang berhubungan dengan nilai keselamatan menggunakan teori semiotika model Charles Sanders Pierce yang berfokus pada tiga elemen utama yaitu tanda, objek dan interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengemukakan bahwa representasi keselamatan terkandung dalam iklan Gojek “It’s Okay To Be Lebay” melalui adegan, perilaku, properti, pakaian, lirik yang dinyanyikan dan teks yang ada pada video klip mencerminkan makna upaya menjaga diri dari resiko penyebaran virus Covid 19 dan resiko kecelakaan di jalan yang dapat membahayakan nyawa. Kata Kunci: Iklan, Semiotika, Representasi, Keselamatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 18 Mar 2022 04:36
Last Modified: 18 Mar 2022 04:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34412

Actions (login required)

View Item View Item