PENGARUH TERPAAN IKLAN E-COMMERCE BLIBLI.COM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

MILLENIENBUN, AGUNG (2022) PENGARUH TERPAAN IKLAN E-COMMERCE BLIBLI.COM TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era abad 21 ini, perkembangan teknologi digital semakin berinovasi terutama dibidang jual beli secara elektronik atau biasa disebut e-commerce. Faktor jual beli secara daring membuat manusia lebih mudah dalam berbelanja dikarenakan aktivitas yang dilakukan hanya satu genggaman. Blibli.com menjadi salah satu perusahaan e-commerce resmi Indonesia milik PT Global Digital Niaga. Sudah banyak pelayanan yang Blibli berikan, tentunya menarik hati para pembeli untuk berbelanja melalui situs Blibli.com. Cara yang dilakukan oleh perusahaan Blibli.com pastinya melalui media periklanan baik media televisi, papan reklame, iklan digital, dan lain- lain. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan e-commerce Blibli.com terhadap minat beli konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan iklan, dan minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penyebaran kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Tarumanagara dan sample yang digunakan adalah teknik simple random sampling yang berjumlah 100 orang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori terpaan iklan dan teori minat beli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji regresi linier sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara terpan iklan e-commerce Blibli.com terhadap minat beli konsumen. Dari uji hipotesis uji T diketahui bahwa HA diterima dikarenakan nilai signifikansi < 0,05 dan nilai t yang didapatkan 7,611 > t tabel 1,984. Hasil uji koefisien determinasi yang didapatkan juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan iklan dan minat beli sebesar 37,2% dan sisanya 62,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan atau tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Terpaan Iklan, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 22 Mar 2022 05:21
Last Modified: 22 Mar 2022 05:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34477

Actions (login required)

View Item View Item