Perancangan sekolah tinggi musik sebagai ruang heterotopia di Jakarta dengan pendekatan arsitektural aural

Sugiharto, Gradiyanto Vincentius (2022) Perancangan sekolah tinggi musik sebagai ruang heterotopia di Jakarta dengan pendekatan arsitektural aural. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Link Baca Online.pdf

Download (185kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (526kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_BAB 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
317201011_GRADIYANTO_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
Official URL: http://elista.untar.ac.id/detailskripsi.aspx?id=25...

Abstract

Persaingan industri musik global membuat pelaku seni musik Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas karya mereka, salah satu program pemerintah untuk mendukung hal tersebut terlihat pada program penyediaan infrastruktur pendidikan akademik bagi para pelaku ekonomi kreatif di bidang seni musik. Berawal dari kebutuhan akan wadah pendidikan seni musik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengurangi potensi gangguan kebisingan yang berasal dari lingkungan luar terhadap objek rancangan, menghasilkan objek rancangan yang memiliki kemampuan dalam mendukung kegiatan belajar maupun bermusik bagi penggunanya. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini antara lain metode kualitatif yang didukung oleh indikator penelitian dari teori heterotopia oleh Michel Foucault dan teori arsitektur aural oleh Claudia Martinho. Dalam penelitian ini penulis mendapatkan temuan sebagai berikut, yang pertama: adanya kesamaan karakteristik dari objek studi kasus terhadap prinsip ruang heterotopia, selanjutnya, adanya kecocokan prinsip heterotopia dengan arsitektur aural yang dapat dikembangkan sebagai indikator perancangan; dan yang terakhir, adanya hasil pengembangan indikator perancangan yang dapat diterapkan dalam desain sekolah tinggi musik. Konsep perancangan ini diharapkan menciptakan kesan terisolasi dari lingkungan luar, mengurangi intervensi dari pihak luar, serta memberikan konsentrasi dalam kegiatan belajar dengan pengendalian secara batas visual maupun dengan pengaruh audial yang dihasilkan dari kegiatan dalam lingkungan binaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Heterotopia, Intervensi, Aural, Audial
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 22 Mar 2022 08:02
Last Modified: 16 Aug 2022 06:05
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34501

Actions (login required)

View Item View Item