Efek Temu Mangga (Curcuma Mangga Yal) dalam meningkatkan Fungsi Kognitif Lansia: Studi invivo Polimorfisme Gen GCLC, APOE, Kadar Plasma: Amiloid 342, Glutathion dan F2 Isoprostan

Tadjudin, Noer Saelan (2018) Efek Temu Mangga (Curcuma Mangga Yal) dalam meningkatkan Fungsi Kognitif Lansia: Studi invivo Polimorfisme Gen GCLC, APOE, Kadar Plasma: Amiloid 342, Glutathion dan F2 Isoprostan. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Disertasi S3 awal-akhir (Efek Temu Mangga dalam Meningkatkan FUngsi Kognitif Lansia).pdf

Download (21MB)

Abstract

Objektif : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemberian ekstrak Temu Mangga dengan fungsi kognitif Montreal Cognitive Assesment- Versi Indonesia (MOCA-Ina-Registry MOCA-Ina/stroke registry-INA 2012) pada Lansia. Metode : Ini adalah studi double blind randomized controlled pre and post test group design pada Lansia di Panti Wreda Jakarta. Hasil: pada 83 partisipan diberikan Kapsul ekstrak Temu Mangga (kelompok TM) dan plasebo (kontrol) selama 30 hari Dilakukan Mann Whitney U test setelah intervensi antara kelompok Temu Mangga (TM) dan kelompok kontrol dengan Moca-Ina, Kadar plasma: GSH, F2- Isoprostan (F2-IsoPs) dan Amiloid B42 (AB42) dengan hasil p > 0.05.Pada tes Wilcoxon antara MOCA-Ina dan AB42 dengan kelompok TM p < 0,05 dan Kontrol p < 0,05. Kesimpulan: Efek Temu Mangga terhadap kenaikan fungsi kognitif Lansia belum dapat dibuktikan. MOCA-Ina kemungkinan peningkatan karena faktor psikologis berupa interaksi subjek penelitian dengan peneliti yang diperlakukan sama pada kelompok TM dan kontrol.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Disertasi
Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Erik Wijaya
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:15
Last Modified: 14 Jul 2022 08:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34564

Actions (login required)

View Item View Item