Ganti Kerugian Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor: 10/ Pdt/ Pt Yyk)

Poetri, Ghina Ramadhania (2022) Ganti Kerugian Terhadap Korban Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 (Studi Putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor: 10/ Pdt/ Pt Yyk). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover - Abstrak_Ghina Ramadhania P. _205150202_SKRIPSI 2022.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Lampiran_Ghina Ramadhania P. _205150202_SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 - 5 Daftar Pustaka_Ghina Ramadhania P. _205150202_SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas secara tidak langsung akan memakan korban yang merasa dirugikan oleh pihak-pihak tertentu. Korban kecelakaan lalu lintas berhak mendapatkan ganti rugi oleh pihak yang bertanggung jawab atas penyebab kecelakaan lalu lintas. Pengemudi yang melakukan perbuatan melawan hukum mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang merugikan korban harus mengganti kerugian karena telah melanggar hukum dan menimbulkan kerugian, kemudian ia wajib mengganti kerugian tersebut. Penelitian ini membahas tentang ganti kerugian terhadap korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem tanggung jawab hukum bagi korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Selain itu, bagaimana penyelesaian ganti kerugian bagi korban kecelakaan lalu lintas dalam Putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor: 10/ Pdt/ Pt Yyk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sistem tanggung jawab hukum terhadap korban kecelakaan lalu lintas berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 yaitu dengan memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan pidana sesuai dengan putusan pengadilan dan memberikan sanksi terhadap Terdakwa. Dalam hal ini, jika korban kecelakaan lalu lintas ingin menuntut ganti rugi atas kerugian yang dideritanya, ia dapat menggabungkan perkara tersebut untuk diajukan dalam gugatan perdata. Penyelesaian ganti kerugian terhadap korban kecelakaan lalu lintas dalam Putusan Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor: 10/ Pdt/ Pt Yyk dengan Hakim mengabulkan sebagian gugatan Penggugat dan menyatakan Tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Tanggug Jawab, Ganti Kerugian, Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:56
Last Modified: 28 Mar 2022 05:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34592

Actions (login required)

View Item View Item