PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PEMBEBANAN MERCHANT DISCOUNT RATE (MDR) OLEH MERCHANT DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN ELECTRONIC DATA CAPTURED (EDC) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Novianti, Elisa (2022) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS PEMBEBANAN MERCHANT DISCOUNT RATE (MDR) OLEH MERCHANT DALAM TRANSAKSI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN ELECTRONIC DATA CAPTURED (EDC) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover - Abstrak_Elisa Novianti_205180012 SKRIPSI 2022.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Elisa Novianti_205180012 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran_Elisa Novianti_205180012 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perlindungan konsumen diatur dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pasal 7 ayat (2) dan (4) berisi kewajiban pelaku usaha dalam melaksanakan usaha, dengan tujuan perlindungan bagi konsumen, namun belum tercapai secara optimal dapat dilihat dalam kasus pembebanan merchant discount rate (MDR) oleh beberapa tempat usaha, dimana para oknum pelaku usaha mengenakan surcharge kepada konsumen ketika konsumen melakukan pembayaran menggunakan electronic data captured (EDC). Penerapan perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna EDC pelaksanaannya tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang tercantum dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999 sehingga menimbulkan masalah apabila ditelaah lebih lanjut. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu metode penelitian hukum untuk keperluan akademis Penelitian ini menggunakan tipe penelitian library research, yang mengkaji berbagai dokumen terkait dengan penelitian. Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang- undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hak-hak konsumen yang dirugikan dan masih belum terpenuhi berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan lemahnya pengawasan Bank Indonesia dalam mengatasi dan meng-implementasikan masalah pembebanan MDR kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., MPU.
Uncontrolled Keywords: merchant discount rate ; sistem pembayaran ; perlidungan konsumen
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:16
Last Modified: 28 Mar 2022 05:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34602

Actions (login required)

View Item View Item