ANALISIS KOMUNIKASI ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN PROGRAM KERJA PADA MASA PANDEMI (STUDI KASUS UKM CITRA PESONA DI UNIVERSITAS TARUMANAGARA)

XIANG, CLARA FELICIA (2022) ANALISIS KOMUNIKASI ORGANISASI DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN PROGRAM KERJA PADA MASA PANDEMI (STUDI KASUS UKM CITRA PESONA DI UNIVERSITAS TARUMANAGARA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Citra pesona adalah salah satu organisasi unit kegiatan mahasiswa di Universitas Tarumanagara yang bergerak dalam bidang kesenian dan event organizer. Citra Pesona juga memiliki kegiatan kepanitiaan melalui program kerja. Masa pandemi mengakibatkan Citra Pesona melaksanakan program kerja menjadi online, komunikasi organisasi memiliki peran penting dalam membantu Citra Pesona mencapai keberhasilan program kerja pada masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi organisasi di Citra Pesona dalam mencapai keberhasilan program kerja pada masa pandemi. Konsep dan teori yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi organisasi dan teori organisasi modern. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan 4 narasumber, observasi partisipan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi di Citra Pesona dalam melaksanakan program kerja di masa pandemi adalah formal, semi formal, dan informal. Aliran-aliran komunikasi organisasi dalam program kerja pada masa pandemi adalah komunikasi ke atas, ke bawah, dan horizontal. Fungsi komunikasi dalam program kerja pada masa pandemi adalah fungsi informatif, regulatif, persuasif, dan integratif. Peneliti juga menemukan bahwa dalam melaksanakan program kerja pada masa pandemi, Citra Pesona adalah organisasi dengan sistem yang terbuka dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya yang berubah. Kata Kunci : Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Organisasi, Teori Organisasi Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:39
Last Modified: 29 Mar 2022 03:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34625

Actions (login required)

View Item View Item