POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR NCT PADA MEDIA SOSIAL TWITTER

CENDRAWAN, KARINA POETHRY (2022) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR NCT PADA MEDIA SOSIAL TWITTER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi telah mengubah cara berkomunikasi suatu individu. Perkembangan ditandai dengan penemuan jaringan internet yang dapat mengakses jejaring media sosial. Salah satu negara yang memiliki teknologi komunikasi dan budaya populer yaitu Korea Selatan. K-Pop merupakan salah satu bagian dari budaya pop dan juga jenis musik dari Korea Selatan. K-Pop memiliki ciri khas musik yang berbeda ± beda. NCT merupakan salah satu boyband K-Pop yang terkenal dikalangan masyrakat. Boyband K- Pop tidak akan pernah mendapatkan popularitasnya tanpa dukungan penggemarnya. Sekumpulan penggemar yang memiliki kepentingan serta kesukaan yang sama disebut juga sebagai fandom. Setiap penggemar pasti akan berinteraksi dengan penggemar lain untuk mencari dan bertukar informasi seputar idola yang mereka gemari. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk berinteraksi yaitu media sosial Twitter. Interaksi antar penggemar ini akan membentuk komunikasi kelompok dan melewati proses komunikasi serta membentuk pola komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pola komunikasi yang terbentuk dalam kelompok pengegemar NCT pada media sosial Twitter. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi kelompok dan pola komunikasi. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penelitian studi kasus. Data hasil penelitian diperoleh melalui hasil wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan terhadap lima narasumber. Hasil yang didapatkan menunjukkan pola komunikasi yang terbentuk antara admin auto base dan followers yaitu pola komunikasi bintang dan roda, sementara pola komunikasi yang terbentuk di antara followers akun auto base yaitu pola komunikasi bintang. Kemudian, interaksi antara admin auto base dan followers dapat terjadi melalui proses komunikasi. Kata Kunci: Komunikasi kelompok, K-Pop, Fandom, NCT, NCTZEN, Pola komunikasi, Proses komunikasi, Fanbase, Twitter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:48
Last Modified: 29 Mar 2022 03:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34630

Actions (login required)

View Item View Item