PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR KOREAN WAVE DI TWITTER (STUDI TENTANG FENOMENA KOLEKSI PHOTOCARD KPOP)

TANLIANA, DEVINA (2022) PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR KOREAN WAVE DI TWITTER (STUDI TENTANG FENOMENA KOLEKSI PHOTOCARD KPOP). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Industri hiburan sangat diminati semua kalangan, tak terkecuali negara Korea Selatan yang mampu membawa K-Pop ke kancah dunia. Kesuksesan K- Pop mencetak banyak penggemar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. K-Pop dapat menjadikan penggemar sebagai bagian dari konsumen atau pelanggan yang dengan setia membeli hasil produk musiknya. Dalam beberapa tahun terakhir fenomena yang sedang digandrungi oleh penggemar K-Pop adalah koleksi Photocard yang merupakan gambar swafoto idola yang berbentuk kartu dan biasanya berada di dalam album sebagai bonus. Media sosial Twitter dimanfaatkan penggemar K-Pop sebagai pemenuhan informasi atas trend koleksi ini. Memiliki banyak koleksi Photocard menyebabkan frekuensi pembelian secara berulang yang menimbulkan perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif yang terjadi di Twitter terkait fenomena koleksi Photocard. Dalam pembahasannya, menggunakan komunikasi massa, new media, media sosial, teori uses and gratification, dan perilaku konsumtif. Untuk mendalami fenomena ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode fenomenologi. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara mendalam dengan empat informan, observasi partisipan dan studi kepustakaan. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa Twitter dipilih secara aktif sebagai media pemenuhan kebutuhan informasi koleksi Photocard, namun dampak penggunaan Twitter memiliki sisi positif dan negatif. Kemudian, motivasi dalam melakukan koleksi didasari pemenuhan kepuasan diri yang membentuk perilaku konsumtif. Kata Kunci: K-Pop, Perilaku Konsumtif, Teori Uses and Gratification, Photocard, media sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 03:55
Last Modified: 29 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item View Item