Analisis Yuridis Terhadap Penegakan Hukum Modifikasi Kendaraan Bermotor Roda Dua Yang Mengalami Perubahan Dimensi Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Jokhe, Pius Nifatere (2022) Analisis Yuridis Terhadap Penegakan Hukum Modifikasi Kendaraan Bermotor Roda Dua Yang Mengalami Perubahan Dimensi Ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Pius Nifatere Jokhe_205180048 SKRIPSI 2022.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Pius Nifatere Jokhe_205180048 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
Lampiran_Pius Nifatere Jokhe_205180048 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, kendaraan bermotor roda dua yang sebelumnya hanya digunakan sebagai alat transportasi semata, saat ini memiliki fungsi lain yaitu sebagai fungsi identitas bagi pemiliknya. Kendaraan bermotor roda dua modifikasi yang mengalami perubahan dimensi saat ini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan dari mulai muda-mudi hingga orang tua, namun keberadaan kendaraan modifikasi tersebut masih tidak sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat yang diberikan oleh Undang-undang untuk memperoleh dan menggunakan kendaraan bermotor modifikasi yang mengalami perubahan dimensi. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian normatif. Peraturan dasar yang mengatur tentang modifikasi ini termuat dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan peraturan pelaksana Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Berdasarkan data yang telah diperoleh dan dianalisis oleh penulis, kurangnya ketegasan aparat penegak hukum dalam memberi penindakan terhadap pelanggaran ini menjadi salah satu alasan banyaknya kendaraan bermotor modifikasi yang mengalami perubahan dimensi dan dapat bergerak bebas di jalan raya. Tak luput pula lemahnya tingkat sosialisasi yang diberikan menambah kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengetahui prosedur dan syarat yang harus dipenuhi untuk dapat memodifikasi kendaraan bermotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Amad Sudiro, S.H., M.H., M.M., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Kendaraan Bermotor Roda Dua, Modifikasi, Perubahan Dimensi.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:28
Last Modified: 29 Mar 2022 04:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34639

Actions (login required)

View Item View Item