Perlindungan Hukum terhadap Kura-Kura Sulcata sebagai Satwa Langka Bukan Asal Indonesia dalam Perspektif Internasional dan Nasional

Willyanto, Jennyver (2022) Perlindungan Hukum terhadap Kura-Kura Sulcata sebagai Satwa Langka Bukan Asal Indonesia dalam Perspektif Internasional dan Nasional. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Jennyver willyanto _205180024 SKRIPSI 2022.pdf

Download (780kB)
[img] Text
Lampiran_Jennyver willyanto _205180024 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Jennyver willyanto _205180024 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keanekaragaman hayati yang berada di dunia sering salah digunakan untuk keperluan manusia, pemanfaatan terhadap keanekaragaman hayati tersebut sering kali digunakan secara berlebihan dan menyebabkan kepunahan terhadap satwa tersebut. Kegiatan terjadinya kepunahan terhadap satwa yaitu perdagangan yang dilakukan bukan hanya satwa langka dalam nasional tetapi internasional juga diperdagangkan. Permasalahan dalam penulisan ini yaitu bagaimanakah perlindungan hukum terhadap Kura – kura Sulcata dalam perspektif hukum internasional dan bagaimanakah adopsi perlindungan hukum terhadap Kura – kura Sulcata dalam perspektif hukum nasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif dimana menggunakan data sekunder untuk memeroleh data. Hasil dari penelitian setelah memperoleh data dari laporan TRAFFIC maka dapat dikatakan, Kura – kura Sulcata yang dicatat dalam perjanjian internasional yaitu IUCN dan CITES sebagai apendiks II daftar spesies belum terancam punah, tetapi jika perdagangannya terus - menerus secara berlanjut tanpa terkontrol. Peraturan yang mengatur mengenai Kura – kura Sulcata di negara Indonesia yaitu UU no 5 tahun 1990, PP no 7 tahun 1999, dan PP 8 tahun 1999. Indonesia tidak melindungi secara nasional perdagangan Kura – kura Sulcata yang dicatatkan satwa langka karena tidak di atur dalam peraturan tersebut, sehingga secara hukum di Indonesia mengizinkan satwa langka tersebut di perdagangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Mella Ismelina F. Rahayu, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perdagangan, Perjanjian Internasional, Ilegal, Satwa Langka
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 05:36
Last Modified: 29 Mar 2022 05:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34645

Actions (login required)

View Item View Item