STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DI BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA (STUDI KASUS: SUSHI KOMURA)

FAWWAZ, FAWWAZ (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN UMKM DI BIDANG MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA (STUDI KASUS: SUSHI KOMURA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Awal tahun 2020 lalu menjadi awal tahun yang berat bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, salah satunya Sushi Komura yang menjadi subyek penelitian pada penelitian ini. Sushi Komura merupakan gerai makanan yang menjual makanan khas Jepang yakni sushi. Akibat Covid-19 yang terjadi, hal ini berdampak terhadap penjualan Sushi Komura. Komunikasi pemasaran yang dipadukan dengan strategi pemasaran serta usaha membangun positioning dilakukan oleh banyak UMKM agar penjualan tetap meningkat ditengah kondisi Covid-19. Untuk menjalankan hal tersebut tentunya perusahaan perlu mengidentifikasikan posisi pesaing yang dapat menentukan arah posisi strategi dalam membangun positioning ditengah persaingan usaha untuk menarik minat konsumen. Media sosial memiliki peranan yang penting dalam kegiatan membangun positioning bagi UMKM Sushi Komura. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari penggunaan media sosial sebagai media pemasaran dan juga membangun positioning adalah bagaimana konten tersebut dapat diminati dan disukai oleh khalayak, karena apabila sudah sesuai dan tepat dapatlah menjadi keunggulan bagi perusahaan untuk menarik minat pembeli. Teori yang membantu penelitian ini adalah teori strategi komunikasi pemasaran dan juga teori positioning. Hasil dari temuan penelitian ini bahwa media sosial dan juga penerapan kebersihan menjadi kunci utama bagi UMKM untuk meningkatkan daya jual, selain itu menerapkan strategi pemasaran yang tepat juga menjadi faktor penentu bagi UMKM untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemasaran, UMKM, positioning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:14
Last Modified: 29 Mar 2022 06:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34648

Actions (login required)

View Item View Item