KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DAN MAHASISWA SKRIPSI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI MELALUI MEDIA PESAN INSTAN (Studi Kasus pada Dosen dan Mahasiswa Skripsi di Universitas Tarumanagara)

Dalentang, Felisitas Aurelia Virginia (2022) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DAN MAHASISWA SKRIPSI DALAM MEMBANGUN MOTIVASI MELALUI MEDIA PESAN INSTAN (Studi Kasus pada Dosen dan Mahasiswa Skripsi di Universitas Tarumanagara). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring, tidak terkecuali bimbingan skripsi. Adanya perubahan komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa, yang sebelumnya berlangsung secara tatap muka, berubah menjadi komunikasi melalui media pesan instan, yang berpengaruh kepada motivasi mahasiswa skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa skripsi melalui media pesan instan dalam membangun motivasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi interpersonal, motivasi, dan pesan instan. Peneliti menggunakan metode studi kasus, pada komunikasi interpersonal dosen dan mahasiswa skripsi di Universitas Tarumanagara, di Jakarta Barat. Penelitian ini, menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan secara daring melalui media pesan. Selain itu, komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa melalui media pesan instan tidak dapat membangun motivasi, karena ketika berkomunikasi melalui media pesan instan, dosen dan mahasiswa skripsi tidak dapat menangkap reaksi verbal dan nonverbal secara langsung. Pesan instan sebagai media komunikasi memudahkan dosen dan mahasiswa berinteraksi secara real- time, tetapi menyebabkan sifat menunda pada mahasiswa dan dapat menyebabkan kesalahpahaman akibat adanya perbedaan pemaknaan pesan. Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, motivasi, pesan instan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2022 06:15
Last Modified: 29 Mar 2022 06:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34649

Actions (login required)

View Item View Item